Sunday, October 30, 2011

KEKUATAN EKONOMI DAN SOSIOEKONOMI DALAM BISNIS INTERNASIONAL

KEKUATAN EKONOMI DAN SOSIOEKONOMI (PNB perkapita, distribusi pendapatan, pengeluaran konsumsi perorangan, investasi swasta, biaya tenaga kerja, data keuangan seperti kurs, inflasi, suku bunga, utang luar negeri)
1.       PDB: nilai total seluruh barang dan jasa yg diproduksi secara domestik, tidak termasuk pendapatan faktor bersih dari luar negeri
2.       Distribusi pendapatan: ukuran pembagian pendapatan suatu bangsa untuk rakyatnya
3.       Pendapatan diskresioner: pendapatan yg tersisa setelah membayra pajak dan membeli kebutuhan pokok
4.       Biaya tenaga kerja per unit: total biaya tenaga kerja dibagi jumlah unit yg diproduksi
5.       Tenaga kerja murah atau lambat dalam kenaikan maka menjadi sasaran investasi
6.       Populasi total: populasi yg besar merupakan pasar yg besar pula
7.       Distribusi umur
8.       Kepadatan penduduk: ukuran jumlah penduduk per unit wilayah (penduduk per kilometer persegi atai per mil persegi)
9.       Distribusi penduduk: distribusi penduduk dari desa ke kota-kota
10.   Bauran promosi, semakin banyak wanita yg bekerja berarti pendapatan keluarga meningkat, merupakan pasar.
11.   Rencana ekonomi nasional, oleh pemerintah setempat
12.   Rencana indikatif: prediksi yg dibuat oleh pemerintah bekerja sama dg industry mengenai arah perekonomian yg diharapkan
KEKUATAN FISIK DAN LINGKUNGAN: (lokasi, topografi, iklim, SDA)
1.       Lokasi: penting karena merupakan faktor untuk menerangkan politik dan hubungan perdagangan sebuah bangsa. Pegunungan dan dataran rendah, pegunungan menghalangi interaksi dan membagi pasar.. pegunungan menciptakan konsentrasi penduduk karean iklim yg sejuk
2. Topografi
Gurun pasir dan hutan tropis memisahkan pasarar, mengahlangi transportasi dan menciptakan konsentrasi penduduk
3.       Iklim(suhu udara, hujan,salju, angin) iklim kerasa berate sedikit penduduk
Barang-barang yg membusuk pd kelembapan tinggi memerlukan kemasan khusus dan lebih mahal, kondisi berdebu maka mesin mesin harus ada pelindung, mesin utk daerah sedang memerlukan pendinginan extra jika beroperasi di daerah tropis
4.       Sumber daya Alam : minyak bumibatubara, tenaga nuklir, gas alam

KEKUATAN SOSIOKULTURAL (estetika, sikap dan keprcayaan, agama, budaya material, pendidika, bahasa)
Budaya,
bisnis lintas budaya: melakukan persiapan,tidak terburu-buru, bangkitkan kepercayaan, pentingnya bahasa, menghormati budaya, memahami unsure-unsur budaya
Kebudayaan: keseluruahan kepercayaan, aturan, teknik kelembagaan dan artefak buatan manusia yg mencirikan populasi manusia
Etnosentrisitas: kepercayaan akan keunggulan kelompok etnisnya sendiri
Budaya memperngaruhi bisnis: maslah pemasaran, menajemen sdm, produksi dan keuangan, personalia
Sikap dan kepercayaan
Sikap terhadap waktusikap terhadap pencapaian pekerjaan
Sikap terhadap perubahan
Etika kerja
Agama
Teknologi
Pendidikan
Bahasa
perilaku
KEKUATAN POLITIK
Kepentingan politik dan bisnis

No comments:

Post a Comment