Monday, April 23, 2012

MANAJEMEN STRATEGIK


Manfaat dari manajemen strategi
1.      Memungkinkan mengidentifikasi prioritas dan eksploitasi peluang
2.      Memberi pandangan objektif atas masalah manajemen
3.      Merepresentasikan kerangka kerja untuk aktifitas kontrol dan koordinasi yang lebih baik
4.      Meminimalkan efek dari kondisi dan perubahan yang jelek
5.      Memungkinkan agar keputusan besar dapat mendukung dengan lebih baik tujuan yang telah di tetapkan
6.      Memungkinkan alokasi waktu dan sumber daya yang lebih efektif untuk peluang yang telah terindentifikasi
7.      Memungkinkan sumber daya dan waktu yang lebih sedikit untuk mengoreksi keputusan yang salah atau tidak terencana
8.      Menciptakan kerangka kerja untuk komunikasi internal diantaran staff

Keahlian strategis
1.      Identifikasi
proses analisis yang cermat untuk menjamin bahwa semua faktor yang mempengaruhi strategi telah dipertimbangkan
2.      Prediksi
masa depan tidak dapat diidentifikasi tetapi di prediksi tidak semata mata di dasarkan pada analisis objektif  tetapi juga memerlukan pertimbangan-pertimbangan subjektif
3.      Inovasi
dalam mengembangkan alternatif strategi harus memiliki keahlian berinovasi atau sebagai inovator, mampu untuk menyelidiksi pilihan-pilihan strategi seluas-luasnya tetapi masih dalam kemampuan perusahaan.
4.      Evaluasi
evaluasi tidak hanya melibatkan instrumen logis tetapi dalam realitasnya memerlukan juga analisis dan pertimbangan.
5.      Pembuatan keputusan
alternatif strategi yang telah disusun dengan keahlian inovasi, selanjutnya di evaluasi atau di uji konsistensinya agar dapat di buat keputusan pemilihan strategi. Masa depan yang tidak pasti juga mengakibatkan pembuatan keputusan mengandung resiko.


Hakikat audit eksternal
            Tujaun audit eksternal adalh untuk mengembangkan sebuah daftar terbatas dari peluang yang dapat menguntungkan sebuah perusahaan dan ancaman yang harus dihindari.
            Perubahan dalam kekuatan eksternal mewujud menjadi perubahan dalam permintaan konsumen akan produk dan jasa indusrial dan konsumen.
Kekuatan-kekuatan eksternal utama dapat di bagi menjadi lima kategori :
1.      Kekuatan ekonomi
2.      Kekuatan sosial, budaya, demografis, dan lingkugan
3.      Kekuatan politik, pemerintah dan hukum
4.      Kekuatan teknologi
5.      Kekuatan kompetitif

Pengertian
Visi : cita cita di masa depan yang ada di pikiran pendiri perusahaan.
katalisator visi yang baik : berorientasi kedepan(memberikan gamabaran menyeluruh tentang apa yang di inginkan), inspiratif (mendorong semua orang untuk menuju imajinasi atau impian yang di sepakati), realistis (berupaya mencapai gambaran realistis yang paling optimal selam kurun waktu tertentu)

Misi : Sebuah deklarasi tentang alasan keberadaan suatu organisasi.

Tujuan : dapat didefenisikan sebagai hasil-hasil spesifik yang ingin di raih oleh suatu organisasi terkait dengan misi dasarnya atau hasil yang di cari organisasi melalaui eksistensi dan operasinya mencari jawaban terhadap pertanyaan.

komponen pernyataan misi
1.      Konsumen : siapa konsumen peerusahaan?
2.      Produk atau jasa : apakah produk jasa utama perusahaan?
3.      Pasar : secara geografis,di manakah perusahaan bersaing?
4.      Teknologi : apakah perusahaan canggih dalam teknologi?
5.      Fokus pada kelansungan hidup, pertumbuhan dan profitabilitas : apakah perusahaan komitmen terhadap pertumbuhan dan kondisi keuangan yang sehat.
6.      Filosofi : apakah keyakinan, nilai , aspirasi, dan prioritas etis dasar perusahaan?
7.      Konsep diri : apakah kompetensi khusus atau keunggulan kompetitif utama perusahaan ?
8.      Fokus pada citra produk : apakah perusahaan responsif terhadap masalah sosial, komunitas dan lingkungan hidup?
9.      Fokus pada karyawan : apakah karyawan di pandang sebagai aset perusahaan yang berharga ?


Faktor-faktor yang mempengaruhi tujuan

Model alternatif meraih keunggulan kompetitif
            model ini terdiri dari:
1.      Model I/O
a. model ini menganggap lingkungan eksternal sebagai determinan utam kesuksesan perusahaan
b. Fokus I/O adalah analisis eksternal yaitu melakukan identifikasi dan menevaluasi industri dan kekuatan persaingan yang mempengaruhi organisasi/
c. Lima kekuatan industri menentukan rata-rata profitabilitas sebuah industri

asumsi dasar model I/O
a. lingkungan eksternal di asumsikan memberikan tekanan dan batasan yang menentukan strategi-strategi yang mungkin akan menghasilkan laba di atas rata-rata
b. Sumberdaya di gunakan untuk mengimplementasikan strategi-strategi yang mobilitasnya tinggi di dalam perusahaan.
2.      Model berbasis sumber daya
a. mengasumsikan bahwa setiap organisasi merupakan sekumpulan sumberda daya  dan kapabilitas yang unik yang memberikan dasar bagi strateginya dan merupakan sumber utama laba perusahaan
b. Teori ini memandang perusahaan dalam industri yang sama memilki perbedaan sumberday strategisnya yang dimiliki dan di kelola.
c. Model ini beranggapan bahwa sebuah organisasi sebuah perusahaan merupakan sekumpulan kapabilitas yang sedang berevolusi di atur secara dinamis dalam memdapat laba di atas rata-rata
3.      Model gerilya
a. dasar pemikiran gerilya
bahwa keunggulan kompetitif hanyalah sementara
b. Perlunya para pembuatan kebijakan menyadari betapa kacaunya lingkungan eksternal sehingga dapat mempengaruhi keunggulan kompetitif dan berapa lama keunggulan kompetitif dapat berlansung, sehingaa di perlukan pemain yg inovatif, agresif dan fleksibel.
c. Untuk dapat memenangkan persaingan dalam lingkungan yang hiperkompetitif di perlukan 3 hal :
            1. Visi terhadap perubahan dan gangguan
            2. Kapabilitas- mempertahankan kapabilitas dan mengembangkan kapasitas yang fleksibel dan 
                 cepat merespon setiap perubahan.
            3. Taktik-yang mempengaruhi arah dan gerakan pesaing.


No comments:

Post a Comment