Minggu, 22 April 2012

RISET PASAR


RISET PASAR
SOAL-SOAL
Bab 5
1.       Apa itu desain riset, apakah desain riset diperlukan untuk melakukan suatu studi ?
Jawab:
·         Desain riset adalah kerangka kerja atau rencana untuk melakukan studai yang berguna sebagai pedoman dalam pengumpulan dan analisis data.
·         Sangat dperlukan karena desain riset menjamin bahwa: (1). Akan lebih relevan terhadap masalahnya (2). Akan menggunakan prosedur-prosedur yang ekonomis.
2.       Apa saja desain-desain riset, apa tujuan dasar dari masing-masing jenisnya ?
·         Riset eksploratori: desain riset yang menekankan pada pengumpulan ide-ide dan masukan-masukan, hal ini khususnya berguna untuk memecahkan masalah yang luas dan samar menjadi submasalah yang sempit dan lebih tepat.
·         Riset deskriptif: desain riset yang lebih menekankan pada penentuan frekuensi terjadinya sesuatu atau sejauh mana dua variable berhubungan.
·         Riset sebab akibat: desain riset yang lebih menekankan pada penantuan hubungan sebab dan akibat.
3.       Apa prinsip penting dari riset ?
·         Prinsip riset yang peling penting adalah bahwa desain investigasi harus berasal dari masalahnya. Setiap jenis desain riset harus sesuai dengan jenis-jenis masalah yang dihadapi.
4.       Apa penggunaan dasar dari riset eksploratori ?
·         Merumuskan sebuah masalah untuk penyelidikan yang tepat.
·         Mengembangkan hipotesis.
·         Menetapkan prioritas untuk riset lebih lanjut.
·         Mengumpulkan informasi tentang masalah praktis dalam melaksanakan riset atas isu-isu tertentu.
·         Menigkatkan pengetahuan analis tentang masalah yang dihadapi.
·         Menjelaskan konsep-konsep.
5.       Apa karakteristik utama dari riset eksploratori ?
·         Sangat fleksibel berkenaan dengan metode-metode yang digunakan untuk memperoleh masukan-masukan serta mengembangkan hipotesis.
·         Jarang menggunakan kuesioner yang terinci atau melibatkan rencana samplingprobabilitas.
6.       Sebutkan beberapa jenis riset eksploratori yang lebih produktif, dan karakteristik dari jenisnya ?
·         Pencarian literature, pencarian angka-angka statistik, artikel-artikel jurnal perdagangan, artikel-ertikel lain, majalah-majalah, Koran-koran, dan buku-buku untuk data atau masukan-masukan bagi masalah yang ada.
·         Survey pengalaman, wawancara dengan orang yang memiliki pengetahuan tentang subjek umum yang sedang diselidiki.
·         Kelompok fokus, wawancara pribadi yang dilkukan secara bersama-bersama diantara sejumlah kecil orang, wawancara ini lebih mengandalkan pada diskusi kelompok daripada pertanyaan-pertanyaan yang diarahkan untuk mengahsilkan data.
·         Analisis kasus-kasus tertentu, studi yang intensif atas contoh-contoh mengenai fenomena yang sedang diselidiki. (benchmarking)penggunaan organisasi-organisasi yang unggul pada beberapa fungsi sebagai sumber ide perbaikan.
Bab 6
7.       Apa kegunaan dasar dari riset deskriptif ?
·         Untuk menggambarkan karakteristik dari kelompok-kelompok tertentu
·         Untuk mengestimasi jumlah orang dalam populasi tertentu yang berperilaku dengan cara tertentu.
·         Untuk membuat prediksi spesifik.
8.       Apa karakteristik penting  dari riset deskriptif ?
·         Studi deskriptif memerlukan spesifikisai yang jelas tentang siapa, apa, kapan, dimana, mengapa, dan bagaimana riset tersebut.
9.       Apa jenis-jenis utama dari studi deskriptif ?
·         Longitudinal, investigasi yag melibatkan sebuah sanpel tetap dari unsur-unsur yang diukursecara berulang sepanjang waktu. Jenis :
1. True panel, sebuah sampel tetap dari para responden yang diukur berulang kali sepanjang waktu terhadap variable-variabel yang sama.
2. Panel omnibus, sebuah sampel tetap dari para responden yang diukur berulang kali sepanjang waktu tetapi atas variable-variabel yang berubah dari pengukuran yang satu ke pengukuran lainya.
·         Cross-sectional,studi ini memberikan sebuah gambaran singakat mengenai variable-variabel yang menjadi perhatian pada suatu waktu dan sampel unsure-unsur biasanya dipilih untuk mewakili alam semesta tertentu.
1.survei sampel, dimana sampel dipilih untuk mewakili populasi yang ditargetkan dan yang penekanannya diberikan pada penyusunan ikhitsar pada angka-angka statistic seperti rata-rata atau persentase.
10.   Apakah perbedaan data primer dan data sekunder ?
·         Data primer, informasi yang dikumpulkan terutama untuk tujuan investigasi yang sedang dilakukan.
·         Data sekunder,informasi yang dikumpulkan bukan untuk kepentingan studi yang sedang dilakukan saat ini tetapi untuk beberapa tujuan tertentu.
11.   Apakah keunggulan dan kelemahan data sekunder ?
·         Keunggulan, keunggulan yang paling signifikan adalah terletak pada waktu dan uang yang dapat dihemat oleh periset.
·         Kelemahan,
1. Data itu tidak sepenuhnya sesuai dengan masalah yang dihadapi
2. Data itu tidak sepenuhnya akurat.
12.   Apakah yang membedakan data sekunder internal dan data sekunder eksternal ?
·         Internal, data yang berasal dari dalam organisasi dimana riset sedang dilakukan
·         Eksternal, data yang berasal dari luar organisasi dimana riset sedang dilakukan.
13.   Apa dasar dilakukanya audit toko?
Perusahaan riset mengirimkan pekerja lapanganya, yang disebut auditor untuk memilih kelompok toko ritel pada interval yang tetap.
14.   Jenis-jenis data primer apa yang paling penting bagi para periset pemasaran?bagaimana cara membedakannya?
·         Karakteristik demografi dan sosialekonomi, dari subjek seperti: umur, pendidikan, pekerjaan, status perkawinan, jenis kelamin, pendapatan, dan kelas social. Para periset seringkali mencocokkan variable-variaabel ini dengan data yang telah mereka kumpulkan  uunutk memperoleh masukan yang lebih banyak tentang masalah yang sedang diselidiki.
15.   Apa itu kuesioner terstruktur yang tersamar ?
Kuesionerini dikembangkan sebagai cara untuk menggabungkan keunggulan dari penyamaran dalam mengungkapkan motif dan sikap dibawah sadar dengan keunggulan struktur pengkodean serta tabulasi jawaban.
16.   Apa keunggulan dan kelemahan kuesioner terstruktur yang terbuka ?
·         Keunggulanya, adalah bahwa kuesioner itu mudah disusun serta ditabulasi dan dianalisis.
·         Kelemahannya, adalah meskipun pertanyaan-pertanyaan pilihan tetap cenderung memberikan jawaban atau respons yang sangat dipercaya, namun hal itu juga dapat memancing jawaban yang menyesatkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar