Saturday, October 29, 2011

PERUSAHAAN MULTINASIONAL, GLOBAL, INTERNASIONAL DAN TRANSNASIONAL (CEPATNYA PERUBAHAN BISNIS GLOBAL)

PERUSAHAAN MULTINASIONAL, GLOBAL, INTERNASIONAL DAN TRANSNASIONAL (CEPATNYA PERUBAHAN BISNIS GLOBAL)


2011


 


Bisnis internasional adalah bisnis yang kegiatan-kegiatannya melewati batas-batas Negara. Bisnis luar negeri berarti operasi-operasi domestik di dalam sebuah Negara asing.Quantcast

Perusahaan bisnis domestik adalah suatu unit bisnis yang tingkat operasional dan pangsa pasarnya berada dalam suatu wilayah saja tanpa melewati batas negara. Jenis perusahaan ini masih bersifat sederhana dan tidak kompleks karena hanya memperhitungkan berbagai variabel yang berlaku di sekitarnya saja mulai dari besar kecil kompensasi, budaya perusahaan, rekrutmen tenaga kerja, analisis pasar, dan lain sebagainya.
Perusahaan bisnis internasional adalah suatu unit bisnis yang sudah memperluas atau ekspansi produksi dan pemasaran produk baik barang maupun jasa ke luar negari dari negara asalnya. Hal ini terkadang harus dilakukan oleh suatu perusahaan bisnis di kala pasar yang ada di dalam negri sudah berada dalam tahap jenuh, sehingga sulit untuk dapat berkembang lebih besar lagi. Dengan memasuki pasar internasional perusahaan harus mampu beradaptasi di semua bidang dengan kultur budaya di negara setempat agar tidak menimbulkan permasalahan sosial.
Perusahaan bisnis multi nasional adalah perusahaan yang memiliki beberapa pabrik yang berdiri di negara yang berbeda-beda. Penyesuaian dengan budaya di tiap negara yang dimasuki adalah suatu keharusan untuk dapat bertahan dan sukses. Dengan mendirikan banyak unit produksi di negara lain diharapkan dapat menghemat biaya ongkos produksi dan distribusi produk hingga sampai ke tangan konsumen akhir.
Perusahaan global adalah unit bisnis yang memiliki kantor pusat di banyak negara lain dengan sistem pengambilan keputusan desentralisasi. Sistem partisipasi bisnis global digunakan karena sudah semakin pudar dan hilangnya batasan-batasan pasar suatu negara dengan negara lainnya (globalisasi). Biasanya perusahaan global memiliki ciri distribusi sudah ekspor, memiliki unit produksi di luar negara asal dan melakukan aliansi dengan perusahaan asing.

Globalisasi adalah sebuah istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan dan ketergantungan antarbangsa dan antarmanusia di seluruh dunia dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit. Globalisasi adalah suatu proses di mana antarindividu, antarkelompok, dan antarnegara saling berinteraksi, bergantung, terkait, dan mempengaruhi satu sama lain yang melintasi batas Negara. Kekuatan kekuatan globalisasi:
1.      Politik
2.      Teknologi
3.      Pasar
4.      Biaya
5.      Kompetisi

INVESTASI LANGSUNG LUAR NEGERI (FDI)
FDI (Foreign Direct Investment) atau investasi langsung luar negeri adalah salah satu ciri penting dari sistem ekonomi yang kian mengglobal. Ia bermula saat sebuah perusahaan dari satu negara menanamkan modalnya dalam jangka panjang ke sebuah perusahaan di negara lain. Dengan cara ini perusahaan yang ada di negara asal (biasa disebut ‘home country‘) bisa mengendalikan perusahaan yang ada di negara tujuan investasi (biasa disebut ‘host country‘) baik sebagian atau seluruhnya. Caranya dengan si penanam modal membeli perusahaan di luar negeri yang sudah ada atau menyediakan modal untuk membangun perusahaan baru di sana atau membeli sahamnya sekurangnya 10%.
Kekuatan-Kekuatan dalam lingkungan
Kekuatan yang tidak dapat dikontrol (uncontrollable force):
1.      Persaingan
2.      Distribusi
3.      Ekonomi
4.      Sosioekonomi
5.      Keuangan
6.      Hukum
7.      Fisik
8.      Politik
9.      Sosiokultural
10.  Buruh
11.  Teknologi
Controllable force (kekuatan yang sedikit dapat dikontrol):
1.      Faktor-faktor produksi(modal, bahan baku, tenaga kerja)
2.      Aktifitas-aktifitas organisasi( personalia, keuangan, produksi, pemasaran)

Lingkungan domestik yaitu semua kekuatan yang tidak dapat dikontrol yang bersumber dari Negara asal yang menyelimuti dan mempengaruhi kehidupan dan perkembangan perusahaan. Lingkungan luar negeri yaitu semua kekuatan yang tidak dapat dikontrol yang bersumber dari Negara asal yang menyelimuti dan mempengaruhi kehidupan dan perkembangan perusahaan. Lingkungan internasional adalah interaksi-interaksi antara kekuatan-kekuatan lingkungan domestic dan luar negeri atau antara beberapa perangkat kekuatan lingkungan luara negeriSelf reference criterion adalah referensi tanpa sadar terhadap nilai-nilai budaya sendiri ketika menilai tindakan-tindakan perilaku orang lain dalam lingkungan yang baru dan berbeda.

REFFERENSI:
Donal A. Ball, Wendell H. McCulloch, Jr, Paul L. Frantz, J. Michael Geringer, Michael S.Minor (2004) Bisnis Internasional: Tantangan Persaingan Global, Penerbit Salemba Empat, Jakarta

No comments:

Post a Comment