Kamis, 12 April 2012

Prilaku Organisasi


PERILAKU ORGANISASI
Perilaku organisasi adalah perilaku individu, kelompok, dan struktur organisasi dalam mencapai tujuan.
1.      Ada 3 dasar perilaku organisasi
·         Dasar perilaku organisasi
·         Dasar perilaku kelompok
·         Desain struktur organisasi
2.      Kinerja merupakan hasil kinerja yang dilakukan perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya
3.      Kinerja suatu organisasi bisa dilihat dari beberapa variabel:
·           Produktivitas (dengan input tertentu mendapat output tertentu)
·           Efektivitas (bagaimana mencapai hasil yang di tentukan organisasi)
·           Turnover (tingkat masuk keluarnya karyawan)
·           Laba perusahaan
4.      Mengapa harus terlebih dahulu harus kita ketahui perilaku organisasi ?
Karena kita terlebih dahhulu melihat perilaku seseorang dalam lingkungan organisasi atau perusahaan bisa dari perilaku menejer maupun karyawannya.
5.      Apa dampak dari perilaku individu, kelompok dan desain struktur organisasi terhadap efektivitas organisasi?
Input dari invidu:       
-          Waktu, tenaga, kerja
input dari organisasi:
-          Biaya, kemapuan
Output dari invidu:
-          Prestasi kerja, hasil kerja
Output dari individu
-          Laba, penjual
6.      Perilaku-perilaku ynang menyimpang dalam tempat kerja:
·   Disiplin kerja
·   Terlambat (tingkat absensi)
·   Menunda-nunda waktu
·   Menggunakan fasislitas perusahaan untuk kepentingan pribadi
7.      Model melihat hubungan atau pengaruh terhadap pperilaku  organisasi:
·   Keefektivan
·   Individu
·   Kelompok
·   Struktur organisasi
8.      Sistematika adalah kita mengungkapkan berdasarkan fakta atau kenyataan dengan berdasarkan ilmu pengetahuan antara variabel yang satu dengan variabel yang lainnya.
9.      Apakah stres berdampak kepada kinerja ?
·   Tantangan perilaku organisasi :
-perbedaan karakteristik individu/karyawan
-perbedaan budaya
-globalisasi
Meningkatakn kualitas dan produktivitas perusahaan.
                     Stres mempengaruhi kinerja: karena awalnya merupakan intuisi, tetapi setelah dibuktikan  ternyata sistematik.
                     Perilaku etis: awalnya menerapkan perilaku etis, setelah diterimaa maka nilai itu akan hilang.
10.  Variabel individu
-kemampuan
-karakteristik
-pembelajaran
11.  Apa perbedaan manajer efektif dengan manajer yang  sukses:
-manajer yang efekti adalah manajer yang dapat mencapai tujuan  (sasaran) paada bidang tertentu.
-sedangkan manajer yang sukses adalah manajer yang dapat mencapai tujuan secara keseluruhan
12.  Baghaimana meningkatakn kemampuan seseorang?
-melakukan tes
-pelatihan (orientasi)
13.  Karakteristik biografis
-usia
-gender                  tergantung pada kondisi belum tentu secara general (secara deskriptif)
-ras                      
-masa jabatan
14.  Teori maslow _teori dasar kebutuhan yang menganggap bahwa dasar seseorang untuk dimotivasi adalah uang tetapi teori ini mempunyai kelemahan, kelemahannya teori tidak dapat digunakan sekaligus karena kebutuhan manusia itu pada dasarnya berbeda artinya bisa saja kebutuhan pertama terpenuhi sedangkan yang lain sudah kebutuhan kedua.
15.  Teori helgine:teori ini bisa digunakan sekaligus
16.  Teori McGreger:
·   X- orang yang tidak mempunyai rasa tanggung jawab
·   Y- teori yang mempunyai rasa tanggung jawab
17.  Teori evaluasi kognitif: (teori secara terus menerus) setiap seseorang mengharapkan imbalan, tetapi mengharapkan imbalan tapi imbalan tersebut justru bukan meningkatkan prestasi melainkan menurunkan prestasi.
18.  Teori penetapan tujuan: untuk meningkatkan motivasi seseorang harus diberikan tugas yang menantang
19.  Teori keadilan: karyawan akan membandingkan perilaku perusahaan, dirinya dengan orang lain.
Contoh: perlakuan karyawan tetap dengan perlakuan karyawan outsorching.
20.  Teori penguatan: (penekanan pada perilaku)teori ini menekankan seberapa besar usaha kita
21.  Teori pengharapan: teori ini memberikan kinerja, kinerja memberikan kepuasan (apa yang diharapkan dari puas)
22.  Aktivitas-aktivitas manajer:
·   Keterampilan seprang manajer
-keahlian teknis:keahlian, kemampuan khusus yang dimiliki seorang manajer
-keahlian persosnal: kemampuan untuk bekerja sama dan menjalin hubungan dengan orang lain
·   Fungsi manajemen
-perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, pengendalian
·   Peran manajer:
-peran antar personal
-peran informasional
-peran pengambil keputusan


23.   disiplin ilmu yang mendukung perilku organisasi:
·   Psikologi: ilmu pengetahuan yang mempelajari manusia, mengukur perilaku manusia dgn makhluk lain  seperti masalah kinerja.
·   Psikologisosial: ilmu pengetahuan untuk memahami perilkau seseorang dalam menerapkannya
·   Sosiologi: ilmu pengetahuan yang mempelajari manusia dengan lingkungannya dan kultur mereka.
·   Antropologi: ilmu pengetahuan sosial mempelajari manusia dengan aktivitas-aktivitas mereka
24.  Dasar-dasar perilaku individu:
·   Kemampuan:sebuah perilaku terkini atas apa yang dapat dilakukan seseorang
-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar