PERILAKU ORGANISASI
Perilaku
organisasi adalah perilaku individu, kelompok, dan struktur organisasi dalam
mencapai tujuan.
1.
Ada 3 dasar perilaku
organisasi
·
Dasar perilaku
organisasi
·
Dasar perilaku kelompok
·
Desain struktur
organisasi
2.
Kinerja merupakan hasil
kinerja yang dilakukan perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan
sebelumnya
3.
Kinerja suatu
organisasi bisa dilihat dari beberapa variabel:
·
Produktivitas (dengan
input tertentu mendapat output tertentu)
·
Efektivitas (bagaimana
mencapai hasil yang di tentukan organisasi)
·
Turnover (tingkat masuk
keluarnya karyawan)
·
Laba perusahaan
4. Mengapa
harus terlebih dahulu harus kita ketahui perilaku organisasi ?
Karena
kita terlebih dahhulu melihat perilaku seseorang dalam lingkungan organisasi
atau perusahaan bisa dari perilaku menejer maupun karyawannya.
5. Apa
dampak dari perilaku individu, kelompok dan desain struktur organisasi terhadap
efektivitas organisasi?
Input
dari invidu:
-
Waktu, tenaga, kerja
input
dari organisasi:
-
Biaya, kemapuan
Output
dari invidu:
-
Prestasi kerja, hasil
kerja
Output
dari individu
-
Laba, penjual
6. Perilaku-perilaku
ynang menyimpang dalam tempat kerja:
·
Disiplin kerja
·
Terlambat (tingkat
absensi)
·
Menunda-nunda waktu
·
Menggunakan fasislitas
perusahaan untuk kepentingan pribadi
7. Model
melihat hubungan atau pengaruh terhadap pperilaku organisasi:
·
Keefektivan
·
Individu
·
Kelompok
·
Struktur organisasi
8. Sistematika
adalah kita mengungkapkan berdasarkan fakta atau kenyataan dengan berdasarkan
ilmu pengetahuan antara variabel yang satu dengan variabel yang lainnya.
9. Apakah
stres berdampak kepada kinerja ?
·
Tantangan perilaku
organisasi :
-perbedaan
karakteristik individu/karyawan
-perbedaan budaya
-globalisasi
Meningkatakn kualitas
dan produktivitas perusahaan.
Stres mempengaruhi kinerja:
karena awalnya merupakan intuisi, tetapi setelah dibuktikan ternyata sistematik.
Perilaku etis: awalnya
menerapkan perilaku etis, setelah diterimaa maka nilai itu akan hilang.
10. Variabel
individu
-kemampuan
-karakteristik
-pembelajaran
11. Apa
perbedaan manajer efektif dengan manajer yang
sukses:
-manajer yang efekti
adalah manajer yang dapat mencapai tujuan
(sasaran) paada bidang tertentu.
-sedangkan manajer yang
sukses adalah manajer yang dapat mencapai tujuan secara keseluruhan
12. Baghaimana
meningkatakn kemampuan seseorang?
-melakukan
tes
-pelatihan
(orientasi)
13. Karakteristik
biografis
-gender tergantung pada kondisi belum
tentu secara general (secara deskriptif)
-ras
-masa
jabatan
14. Teori
maslow _teori dasar kebutuhan yang menganggap bahwa dasar seseorang untuk dimotivasi
adalah uang tetapi teori ini mempunyai kelemahan, kelemahannya teori tidak
dapat digunakan sekaligus karena kebutuhan manusia itu pada dasarnya berbeda
artinya bisa saja kebutuhan pertama terpenuhi sedangkan yang lain sudah
kebutuhan kedua.
15. Teori
helgine:teori ini bisa digunakan sekaligus
16. Teori
McGreger:
·
X- orang yang tidak
mempunyai rasa tanggung jawab
·
Y- teori yang mempunyai
rasa tanggung jawab
17. Teori
evaluasi kognitif: (teori secara terus menerus) setiap seseorang mengharapkan
imbalan, tetapi mengharapkan imbalan tapi imbalan tersebut justru bukan
meningkatkan prestasi melainkan menurunkan prestasi.
18. Teori
penetapan tujuan: untuk meningkatkan motivasi seseorang harus diberikan tugas
yang menantang
19. Teori
keadilan: karyawan akan membandingkan perilaku perusahaan, dirinya dengan orang
lain.
Contoh:
perlakuan karyawan tetap dengan perlakuan karyawan outsorching.
20. Teori
penguatan: (penekanan pada perilaku)teori ini menekankan seberapa besar usaha
kita
21. Teori
pengharapan: teori ini memberikan kinerja, kinerja memberikan kepuasan (apa
yang diharapkan dari puas)
22. Aktivitas-aktivitas
manajer:
·
Keterampilan seprang
manajer
-keahlian
teknis:keahlian, kemampuan khusus yang dimiliki seorang manajer
-keahlian persosnal:
kemampuan untuk bekerja sama dan menjalin hubungan dengan orang lain
·
Fungsi manajemen
-perencanaan,
pengorganisasian, kepemimpinan, pengendalian
·
Peran manajer:
-peran antar personal
-peran informasional
-peran pengambil
keputusan
23. disiplin ilmu yang mendukung perilku
organisasi:
·
Psikologi: ilmu pengetahuan
yang mempelajari manusia, mengukur perilaku manusia dgn makhluk lain seperti masalah kinerja.
·
Psikologisosial: ilmu
pengetahuan untuk memahami perilkau seseorang dalam menerapkannya
·
Sosiologi: ilmu
pengetahuan yang mempelajari manusia dengan lingkungannya dan kultur mereka.
·
Antropologi: ilmu
pengetahuan sosial mempelajari manusia dengan aktivitas-aktivitas mereka
24. Dasar-dasar
perilaku individu:
·
Kemampuan:sebuah
perilaku terkini atas apa yang dapat dilakukan seseorang
-
No comments:
Post a Comment